Walimurid dan Komite, Bagian Dari Kunci Pembangunan Pendidikan

By Cahya Media 03 Mei 2018 Dibaca: 149KaliPringsewu

Walimurid dan Komite, Bagian Dari Kunci Pembangunan Pendidikan

Keterangan Gambar :


PRINGSEWU, CAHYAMEDIA.CO.ID– Bicara soal pembangunan pendidikan, maka hal ini sebenarnya menjadi tanggungjawab bersama, tidak hanya pemerintah, dinas pendidikan, sekolah namun juga walimurid yang ada didalamnya.

Kenapa demikian?, sebab peranan dan kontribusi dari walimurid menjadi bagian penting dalam proses pembangunan di bidang pendidikan melalui wadah komite, baik itu yang berkaitan dengan pembangunan fisik dan juga sumber daya manusia (SDM) kedepan.

Demikian dikemukakan Hi Iswahyudi Joko Pramono., SE., Ketua Forum Komite Kabupaten Pringsewu saat dimintai pendapatnya seputar masalah pembangunan di bidang pendidikan oleh wartawancahyamedia.co.id dikediamannya, Sabtu (28/04).

Menurut Joko, peran walimurid dimaksut tidak hanya sebatas pada kehadirian orangtua mendampingi anaknya saat mendaftar ke sekolah. Namun juga, dibutuhkan keterlibatan aktif walimurid melalui komite seperti halnya dalam memecahkan berbagai persoalan dari  keterbatasan yang dimiliki sekolah, dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM).

“Peran secara internal misalnya, ikut memantau perkembangan belajar anaknya saat berada di rumah. Namun secara eksternal, walimurid bisa berperan aktif dalam mendukung apa yang menjadi kebijakan dan program dari komite dalam upaya mendorong peningkatan mutu pendidikan siswa di sekloah,” sebut Joko yang juga sebagai penggiat olahraga, khususnya sepakbola.

Sementara lanjut Joko, bicara soal manejemen sekolah, maka seperti SMP tidak hanya bisa bergantung dan mengandalkan BOS (bantuan operasional sekolah) demi bisa meningkatkan mutu pendidikan dalam upaya memenuhi apa yang menjadi kebutuhan siswa, khususnya berkaitan dengan masalah sarana dan prasarana di sekolah.

“Dalam posisi ini maka dibutuhkan adanya kreatifitas dan sinergi antara sekolah, komite dan juga walimurid itu sendiri. Disinilah, kepedulian aktif walimurid dalam membangun pendidikan juga menjadi hal penting yang sangat dibutuhkan,” papar Joko.

 Joko juga berharap adanya peran serta dari dinas pendidikan, guna ikut berperan aktif dalam memberikan langkah solutif terhadap berbagai permasalahan dan kendala yang dihadapi sekolah dan juga komite.

Masalah tersebut sebut Joko seperti minimnya sarana dan prasarana di sekolah yang memang sangat dibutuhkan guna menunjang keberlangsungan KBM bagi guru dan siswa.

“Tidak sedikit SMP di Kabupaten Pringsewu ini yang belum dan atau memiliki komputer dengan jumlah yang memadai. Terlebih, ujian sekolah saat ini berbasis komputer (UNBK), sehingga ini menjadi kendala yang harus dihadapi sekolah dan juga komite,” imbuhnya. (Ful)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung Kesukaan Anda?
  1. M. Ridho Ficardo Bachtiar Basri
  2. Herman HN Sutono
  3. Arinal Djunaidi Chusnunia Chalim
  4. Mustafa Ahmad Jajuli

Komentar Terakhir

  • Sewa Mobil Surabaya

    Tulisannya sangat menginspirasi kami di pagi yang cerah ini ...

    View Article
  • Canon EOS 5DS

    Salaj satu dari desa yang dikunjunginya yakni Desa Sungai Cambai ...

    View Article
  • Arsitek Indonesia

    pnerapan bambu buat ruangan kayanya menarik, apa lagi kalau di taruh di mal mal ...

    View Article
  • Black Seed Oil

    It proved to be Very helpful to me and I am sure to all the commentators here! ...

    View Article