Toyim Yusuf : Dari Petani Jadi Kepala Pekon Gunung Raya

By Cahya Media 15 Agu 2019 Dibaca: 81KaliPringsewu

Toyim Yusuf : Dari Petani Jadi Kepala Pekon Gunung Raya

Keterangan Gambar : "Toyim Yusuf Kapala Pekon Gunung Raya dan Supriyati TP PKK Pekon Gunung Raya", (Foto : Istimewa).


PRINGSEWU - Menarik untuk disimak, Sebelum menjadi Kepala Pekon Gunung Raya, Toyim Yusuf dalam kesehariannya adalah seorang petani.

Kilas baliknya, Toyim Yusuf awal mula ia masuk Pekon Kemilin Pedukuhan Gunung Raya Sejak tahun 1980 ia dan orangtuanya masuk kepedukuhan tersebut masih dalam kondisi hutan, jarak antara gubuk masih berjauhan.

Dalam kurun waktu, perjalanannya menjadi petani sampai sekarang masih bertempat tinggal di dusun Gunung Raya. Tak disangka, sejak tahun 1999 hingga tahun 2010 diririnya dipercaya menjadi Kepala Dusun setempat.

Toyim Yusuf merupakan petani tangguh, gigih dan ulet, itulah sosok Toyim sapaan akrab dilingkungannya.

Pada tahun 2010 ia adalah salah satu penggagas dan pendorong berdirinya sekolah sepetak di lingkungan di Dusun Gunung Raya. Kenapa harus ada pasilitas pendidikan?

Pertama di Gunung Raya waktu itu, setiap anak yang hendak mengenyam pendidikan cukup jauh harus ke Pekon Kemilin. Kedua, sebagai motivasi anak-anak usia dini dan salah satu prasyarat pemekaran Pekon.

"Pembangunan sekolah tersebut sebagai syarat awal pemekaran Pekon Gunungraya yang akan memisahkan diri dari Pekon Kemilin, Berangkat dari situlah saya selalu berharap bisa mengabdikan dirinya untuk masyarakat",ucap Toyim Yusuf.

Setelah setelah berpisah dari Pekon Kemilin, dirinyapun dilibatkan menjadi aparatur pemerintah Pekon Gunungraya sebagai kepala urusan (Kaur) pembangunan.

"dari tahun 2011 sampai tahun 2013 saya menjadi Kaur pembangunan di jaman Pj Kakon Andi Tamimi hingga masuk tampuk kepemimpinan Kakon Susilawati",Kata Toyim Yusuf, Rabu (14/08/2019).

Singkat cerita, Bapak tiga anak ini, terpilih menjadi Kepala Pekon Gunungraya masa jabatan tahun 2018-2024.

Sebagai pemegang tampuk kepemimpinan di Pekon Gunungraya yang baru, Kecamatan Pagelaran Utara, Kabupaten Pringsewu.

Namun, menurutnya, hal yang paling penting adalah bisa pengabdi dan berbuat baik untuk warganya serta membangun dan berbenah Pekon Gunungraya lebih baik lagi.

Paska dilantik menjadi Kepala Pekon Gunung Raya mengucapkan terimakasih atas kepercayaan masyarakat kepadanya, Toyim Yusuf mengatakan akan menjaga Amanah tersebut untuk menjalankan roda pemerintahan Pekon Gunung Raya yang lebih baik.

"Saya pasti akan menjaga kepercayaan itu dengan pengabdian secara maksimal kepada masyarakat Gunung Raya", ujar Toyim Yusuf.

Pertama kali menjabat kepala pekon, sambung Koyim Yusuf, dirinya langsung membuat gebrakan dengan menghimbau kepada wargannya agar segera mengurus hak kepemilikan tanah pekarangan yang mereka huni.

Karena menurutnya, Kata Toyim Yusuf, Hak kepemilikan surat tanah sangatlah penting, supaya tidak tumpang tindih kepemilikannya. Secara peribadi dirinya membantu dalam bentuk surat menyurat.

"Kalau tidak memiliki surat menyurat terhadap tanah baik, tanah pekarangan, perkebunan dengan cara pembelian yang sah saya pasti membantu dengan cepat. Karena, setiap warga membutuhkan saya pasti saya siap 1 X 24 Jam waktu saya untuk masyarakat Gunung Raya", tandasnya.

Masih Toyim menjelaskan, Pekon Gunung Raya memiliki luas wilayah 1597 Hektar dengan memiliki 4 (Empat) pedukuhan (Dusun) yang terdiri dari Dusun Jati Agung, Dusun Suka Maju, Dusun Gunung Raya, dan Dusun Pagar Bukit.

Secara geografis Pekon Gunung Raya berada disebelah barat Kecamatan Pagelaran Utara (Pantura) dengan memiliki rentang luas sekitar 1597 Hektar.

Pria Kelahiran Pekon Ratau Tijang, 02 April 1968 yang kini menjadi Kepala Pekon Gunungraya siap menjadi pelayan masyarakat di daerah teritori miliknya, selain itu juga dalam setiap mengambil keputusan lebih mengedepankan azas musyawarah dan mufakat.

"Masyarakat Gunung Raya jangan sungkan, dimana saja, kapan saja dirinya di butuhkan, baik secara administrasi, maupun kesosialan masyarakat lainnya, dalam setiap keputusan yang diambilpun selalu melibatkan masyarakat agar tercipta keperitahan yang transparan serta menghasilkan solusi-solusi yang baik dalam berinovasi di Pekon", ungkapnya.

Maka, dengan seperti itu, sambung Toyim, masyarakat bisa terlayani dengan cepat dan tepat. Menurutnya, bertemue dengannya tidak harus formal dikantor Pekon.

"sekalipun saya sedang menyangkul di sawah, mau lagi tertidur, pagil saja saya, urusan yang urgent tidak harus dikantor pekon. Bertemu dijalanpun siap melayani, apa yang perlu di cap dan tandatangani saya pasti saya berikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Pekon Gunungraya tercinta", tutupnya. (DN)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat


  1. M. Ridho Ficardo – Bachtiar Basri
  2. Herman HN – Sutono
  3. Arinal Djunaidi – Chusnunia Chalim

Komentar Terakhir

  • online drugstore

    <a href="http://canadianonlinepharmacysl.com/">c anadian pharmacies</a> ...

    View Article
  • Cindysqsah

    cialis pills <a href="http://vardenafilrxp.com">generic vardenafil without ...

    View Article
  • rx online no prior prescription

    <a href="http://canadianonlinepharmacyoffer.com/"&g t;buy prescription drugs ...

    View Article
  • royalflush99

    Iā€˜m really enjoying the theme/design of your web site. Do you ever run into any ...

    View Article