SUJADI : Objek Wisata Hutan Bambu !

By Cahya Media 13 Jul 2018 Dibaca: 142KaliPerspektif

SUJADI : Objek Wisata Hutan Bambu !

Keterangan Gambar : Bupati Pringsewu Hi. Sujadi


PRINGSEWU, CAHYAMEDIA.CO.ID – Sebagai wujud dan komitmen pemerintah daerah akan pelestarian bambu di Kabupaten Pringsewu, Pemkab Pringsewu “gagas” objek wisata taman hutan bambu.

Objek wisata ini rencananya akan terintegrasi dengan Objek Wisata Air Terjun Way Pagasan yang masuk kewilayah Kecamatan Pagelaran Utara dan akan dibangun diatas lahan seluas 50 hektar.

Hal itu diungkapkan Bupati Pringsewu Hi Sujadi, saat berkunjung ke Saung Komunitas Bambu Kreasi (KBK) di Pekon Kediri Kecamatan Gadingrejo, dalam rangkaian goes bersama, Jum'at (13/07).

Dalam kesempatan tersebut, Sujadi yang didampingi sejumlah kepala OPD (organisasi perangkat daerah) melihat-lihat aneka kerajinan bambu yang diproduksi oleh Komunitas Bambu Kreasi, termasuk menyakan beberapa hal berkaitan dengan proses produksi kerajinan bambu yang ada.

Menurut Sujadi, grand disain pembangunan objek wisata taman hutan bambu ini, akan memanfaatkan lahan kawasan (hutan register 22 way waya). "Awalnya kita mengajukan permohonan seluas 200 hektar, namun yang disetujui oleh kementerian hanya seluas 50 hektar," jelas Sujadi, sembari menikmati sajian singkong goreng, pisang dan ubi rebus.

Untuk bisa mewujudkan rencana itu, saat ini sudah diterbitkan izin prinsipnya dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). "Ternyata pembangunan objek wisata ini tidak bisa serta merta dilakukan setelah izin prinsip keluar. Karena masih ada tahapan-tahapan dan izin lain yang harus dipenuhi," ungkap Sujadi.

Sujadi berharap, berbagai langkah dan upaya pelestarian dan pengembangan bambu yang dilakukan sejumlah komunitas dan penggiat bambu di pringsewu akan semakin membuka khazanah peluang dan potensi yang ada. "Kalau dulu tagline-nya bambu sebagai sumber kehidupan, tapi sekarang, bambu harus jadi sumber kesejahteraan bagi masyarakat," imbuh Sujadi. 

Untuk diketahui, dalam sejarah berdirinya wilayah pringsewu, daerah ini awalnya merupakan kawasan hutan bambu. Seiring dengan program transmigrasi di zaman itu, kawasan hutan bambu yang terletak di tiuh margakaya kemudian ditebangi dan menjadi tempat pemukiman bagi warga. (Ful)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung Kesukaan Anda?
  1. M. Ridho Ficardo – Bachtiar Basri
  2. Herman HN – Sutono
  3. Arinal Djunaidi – Chusnunia Chalim
  4. Mustafa – Ahmad Jajuli

Komentar Terakhir

  • Relationship Coach

    I have a mission that Iā€™m just now working on, and I have been at the look out ...

    View Article
  • Uktvnow

    Much thanks for this awesome post ...

    View Article
  • Peggo apk

    Thanks a lot for sharing this useful information. ...

    View Article
  • Morpheus tv

    Awesome post about also check it Blog! ...

    View Article