Sistem Layanan Perizinan di Mesuji akan Gunakan Si Cantik I Could

By Cahya Media 10 Apr 2018 Dibaca: 192KaliMesuji

Sistem Layanan Perizinan di Mesuji akan Gunakan Si Cantik I Could

Keterangan Gambar :


MESUJI, CAHYAMEDIA.CO.ID -Sistem perizinan Online mulai akan diterapkan di Kabupaten Mesuji dengan tujuan  mempermudah layanan percepatan berusaha sebagaimana amanah Peraturan Presiden Nomor 91 tahun 2017.

Kabupaten Mesuji melalui bupati setempat telah mengeluarkan Surat Keputusan tentang Satgas Percepatan Berusaha.

Hal itu sebagaimana diutarakan Putrawan JP, Kepala Bidang Perizinan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Atap (DPMPTSA) Kabupaten Mesuji.

Menurut Putrawan JP, masyarakat mesuji nantinya dalam mengurus atau mengajukan perizinan cukup dari rumah atau kantor masing-masing dengan mengunakan smart phone atau komputer.

Dalam proses percepatan pelayana perizinan ini ucap Putra, sistem yang akan digunakan yakni SI CANTIK dari Kementerian Komunikasi dan Informasi yang sudah ditunjuk pemerintah sebagai platform perizinan daerah dan nasional.

“Si Cantik I Cloud adalah aplikasi yang disediakan kominfo dalam rangka memenuhi Permendagri nomor 38 tahun 2017 tentang PTSP serta arahan dan anjuran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bahwa, E-PTSP harus segera diwujudkan oleh seluruh kabupaten/ kota di Indonesia. Versi yang dipakai saat ini adalah versi 5 (lima) yakni versi tercanggih sehingga dapat memuat seluruh perizinan di Indonesia. Kita menggunakan aplikasi ini sebagai jalan E-PTSP di Kabupaten Mesuji” papar Putra.

Disinggung mengeni pengurusan izin apa saja yang bisa difasilitasi melalui aplikasi Si Cantik I Could, Putra merinci setidaknya ada 27 item perizinan dan 5 item non perizinan yang akan  dimasukkan dalam E-PTSP Kabupaten Mesuji.

"Semuanya gratis, terkecuali untuk jenis perizinan yang ditetapkan dalam peraturan daerah sebagaimana diatur dalam Undang- Undang Nomor 28 tahun 2009 tentang Pajak dan Retribusi Daerah. 

Putra mengemukakan, pihaknya saat ini tengah melakukan perubahan pendelegasian wewenang 27 perizinan dan 5 non perizinan.

"Sebab masih ada beberapa perizinan yang berada di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk dilimpahkan ke satu pintu. Nota dinasnya suah kita naikkan ke sekretaris daerah dan bupati juga sudah memberikan dorongan terkait perizinan satu pintu itu,” terang Putra.

Sebagaimana diketahui, terkait percepatan perizinan berusaha ini, Bupati Mesuji telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Nomor 5 Tahun 2017 tentang Satgas Percepatan Berusaha di Kabupaten Mesuji yang bertugas memantau seluruh perizinan. 

Salah satu poin dari SK tersebut adalah upaya pemerintah Kabupaten Mesuji untuk menarik sebesar-besarnya investasi, tetapi tidak melanggar ketentuan perundang-undangan.

“Permohon perizinan tidak hanya untuk masyarakat mesuji, bahkan pemohon bisa dari mana saja bahkan internasional pun dapat mengajukan permohonan perizinan. Sebab, pada prinsipnya percepatan ini dalam rangka menarik sebesar-besarnya investasi dengan tetapi tidak melanggar ketentuan perundang-undangan yang berlaku," pungkasnya. (Luk)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung Kesukaan Anda?
  1. M. Ridho Ficardo Bachtiar Basri
  2. Herman HN Sutono
  3. Arinal Djunaidi Chusnunia Chalim
  4. Mustafa Ahmad Jajuli

Komentar Terakhir

  • Sewa Mobil Surabaya

    Tulisannya sangat menginspirasi kami di pagi yang cerah ini ...

    View Article
  • Canon EOS 5DS

    Salaj satu dari desa yang dikunjunginya yakni Desa Sungai Cambai ...

    View Article
  • Arsitek Indonesia

    pnerapan bambu buat ruangan kayanya menarik, apa lagi kalau di taruh di mal mal ...

    View Article
  • Black Seed Oil

    It proved to be Very helpful to me and I am sure to all the commentators here! ...

    View Article