Ribuan Pedagang di Metro Gelar Aksi Tolak Relokasi
Dewan dan Kejaksaan Siap Kawal

By Cahya Media 06 Nov 2017 Dibaca: 85KaliMetro

Ribuan Pedagang di Metro Gelar Aksi Tolak Relokasi

Keterangan Gambar :


METRO, CAHYAMEDIA. CO. ID - Sekitar 1000-an massa yang tergabung dalam Pedagang Kaki Lima (PKL), LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI), PMII Kota Metro, dan para pedagang menggelar aksi demo di Kantor Pemkot Metro, Senin (23/10).

Massa menggelar aksi dan berusaha menduduki kantor wali kota Metro tersebut terkait dengan rencana relokasi PKL yang akan dilakukan pemerintah setempat.

Tuntutan para pendemo kian meluas mulaibdari pencopotan Kadis Perdagangan, hingga laporan pedemo ke Kejaksaan Kota Metro.

Dalam orasinya, Ketua HPKLM Azwan mengatakan, para pedagang merupakan salah satu tim sukses Achmad Pairin dan Djohan sewaktu mencalonkan diri sebagai Walikota dan Wakil Walikota Metro.

“Kami salah satu tim yang mengantarkan bapak Pairin dan Djohan sebagai Walikota dan Wakil Walikota. Kami siang malam mencari suara untuk memenangkan bapak. Kami hanya minta agar tetap bisa berjualan di tempat semula, itu saja. Kami tidak minta uang, kami tidak minta proyek hanya minta agar tetap bisa berdagang di tempat biasa,” bebernya.

Sementara disaat bersamaan, dihadapkan para pedemo, Walikota Metro Achmad Pairin secara tegas menyampaikan, penataan pasar dimaksudkan agar pasar berfungsi sebagai layaknya pasar, jalan seperti jalan supaya Pasar Kota Metro menjadi pasar yang baik.

Sebagai pasar yang baik, lanjut Pairin diperlukan adanya fasilitas umum seperti tempat parkir yang memadai, lorong, WC, tempat beribadah, tempat berjualan yang layak, dan tempat pembuangan sampah.

“Jadi bagaiamana pasar metro ini bisa berfungsi untuk masyarakat. Ada tempat berdagang yang layak. Bagaimana untuk mengurusi pasar bisa berfungsi sebagai pasar. Ini tidak lain untuk mensejahterakan dan memajukan perekonomian masyarakat kota metro," ucap Pairin menanggapi keluhan massa yang disampaikan diatas mobil komando kepolisian. 

Usai menyampaikan aksinya, pengunjuk rasapun langsung melanjutkan aksinya menuju Gedung DPRD dan Kejaksaan setempat. 

Dalam aksinya, mereka mengancam akan kembali menggelar aksi hingga satu bulan bila permintaan mereka terpenuhi.

Menanggapi aksi tersebut, Ketua DPRD Kota Metro Anna Morinda saat menemui pedagang mengatakan, DPRD akan menindaklanjuti aspirasi para pedagang.

Tanggal 25 Oktober 2017, pihaknya akan melakukan rapat bersama seluruh anggota dewan untuk menentukan langkah-langkah yang akan diambil sesuai dengan apa yang menjadi kewenangan DPRD.

“Karena hari ini dan besok masih dalam agenda reses jadi tidak mungkin kami lakukan rapat. Jadi, hasil rapat itu akan kami usulkan ke Walikota Metro. Kami minta masyarakat bersabar, dan pastinya akan saya tampung apa yang menjadi aspirasi," tegas Anna. 

Hal senada disampaikan pihak Kejaksaan Kota Metro, Kasi Intel, Bobi Heryanto. Ia berjanji akan menindak lanjuti dugaan korupsi yang melibatkan kepimpinan Walikota saat ini yang dilaporkan oleh GMBI.

"Kami terlebih dahulu akan mengkaji ulang dugaan korupsi yang dilaporkan pihak GMBI ini. Akan kita telaah terlebih dahulu. Sebab dalam prosesnya dibutuhkan data yang kongkrit guna memastikaan dugaan terkait adanya tindakaan korupsi. Untuk itu kita berharap pihak pelapor  dapat melengkapi bukti-bukti," terangnya. (Her/Win)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Walikota dan Wakil Walikota Padang Favorit Anda?
  Mahyeldi Ansyarullah - Emzalmi
  Robby Prihandaya - Dewi Safitri
  Tommy Utama - Laura Hikmah
  Willy Fernando - Vicky Armita
  Laura Himah i Nisaa - Safaruddin

Komentar Terakhir

  • Jasa Bangun Rumah

    Infonya sangat berguna bagi kami, Thank you. https://jasaseo.website | ...

    View Article
  • Cruise Cushion

    Coba saja buat wisata perjalanan dari jakarta ke lampung dengan menggunakan kapal laut ...

    View Article
  • Kontraktor Bangunan

    semoga aja nanti pas eksekusi menjadi bagus hasilnya, tetapi bagus atau enggaknya ...

    View Article
  • Pesan Nasi Kotak

    Loh, ini gimana sih..? Judul dan gambarnya sih tentang nasi kotak,, tapi kok isi ...

    View Article