Pileg Metro 2019, 400 Caleg Bakal Memperebutkan 25 Kursi

By Cahya Media 25 Jun 2018 Dibaca: 111KaliMetro

Pileg Metro 2019, 400 Caleg Bakal Memperebutkan 25 Kursi

Keterangan Gambar : Pileg Metro 2019, 400 Caleg Bakal Memperebutkan 25 Kursi


METRO, CAHYAMEDIA.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Kota Metro mulai membuka pendaftaran calon anggota  legislatif (caleg) untuk pemilihan umum legislatif tahun 2019, dari 25 kursi yang tersedia nantinya sebanyak 400 Caleg bakal memperebutkan.

 
Pada proses pendafaran kali ini, KPU Metro sudah menggunakan sistem baru yakni sistem informasi pencalonan (Silon). 

 
Komisioner KPU Kota Metro Pokja Pencalonan Nova Hadiyanto mengatakan, sistem baru tersebut sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor: 20 Tahun 2018 tentang pencalonan anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota.


"Dalam peraturan baru tersebut, sebelum semua calon mendaftar, partai politik (Parpol) wajib mengisi Silon. Nantinya, berkas pendaftaran di Silon tersebut yang digunakan untuk mendaftar ke KPU, (25/06).

 
"Bagi parpol yang mau mendaftar silon harap konsultasikan ke KPU dulu. Kami buka ruang konsultasi, karena kalau sudah di-upload itu sudah tidak bisa lagi dirubah. Ini sistemnyaonline. Jadi berkas pendaftaran di silon ini diprint lalu dibawa untuk mendaftar ke KPU," kata Ketua KPU Metro Sukatno.

 
Dalam Silon ini, lanjut dia, parpol wajib mengisi dua item. Pertama:syarat pengajuan calon, kedua syarat calon. 

 
"Di syarat pengajuan calon,  ada empat yang harus mereka isi dari tanggal 4 sampai 17 Juli 2018. Itu harus lengkap. Kalau yang syarat calon, ini seumpama tanggal 4 sampai 17 Juli belum terpenuhi masih bisa di perbaiki itu statusnya nanti belum memenuhi syarat (BMS)," jelasnya. 

Menurut dia, empat item di syarat pengajuan calon itu: surat pengajuan calon yang ditandatangani ketua dan sekretaris parpol, keterwakilan 30 persen calon perempuan, penempatan calon perempuan, dan maksimal mengajukan jumlah kursi di dapil setempat. 
 

"Keterwakilan 30 persen calon perempuan itu seumpama tiga caleg, satu caleg harus perempuan. Terus maksimal mengajukan jumlah kursi dapil tersebut misalnya di dapil Metro Pusat 8, ya harus 8 calon tidak boleh lebih," terangnya


Ditambahkanya, syarat itu harus selesai dari tanggal 4 sampai 17 Juli 2018. Sebab, jika tidak dilengkapi maka tidak bisa mencalonkan di dapil tersebut.

 
"Kalau tidak lengkap ya tidak bisa mencalonkan di dapil itu. Tapi dapil lain masih bisa. Nah di Sipol itu ada username. Jadi hanya parpol yang bisa buka. Itu sistemnya kita minta ke KPU pusat nanti dari KPU pusat langsung dikirim ke email parpol,"  jelansya. (Her/win)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung Kesukaan Anda?
  1. M. Ridho Ficardo – Bachtiar Basri
  2. Herman HN – Sutono
  3. Arinal Djunaidi – Chusnunia Chalim
  4. Mustafa – Ahmad Jajuli

Komentar Terakhir

  • Relationship Coach

    I have a mission that Iā€™m just now working on, and I have been at the look out ...

    View Article
  • Uktvnow

    Much thanks for this awesome post ...

    View Article
  • Peggo apk

    Thanks a lot for sharing this useful information. ...

    View Article
  • Morpheus tv

    Awesome post about also check it Blog! ...

    View Article