Perencanaan Hingga Laporan Hasil Pembangunan, harus Libatkan Semua Unsur Lembaga di Pekon

By Cahya Media 07 Mei 2018 Dibaca: 52KaliPringsewu

Perencanaan Hingga Laporan Hasil Pembangunan, harus Libatkan Semua Unsur Lembaga di Pekon

Keterangan Gambar :


PRINGSEWU, CAHYAMEDIA.CO.ID - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) Kabupaten Pringsewu gelar pembinaan dan sosialisasi peraturan tentang perencanaan pembangunan dan pengelolaan keuangan pekon bagi lembaga pekon se Kabupaten Pringsewu tahun 2018.

Acara dilaksanakan selama tiga (3) hari dan hari pertama, dilaksanakan di balai Kelurahan Pringsewu Utara Kecamatan Pringsewu, Senin (07/05).

Hadir para kepala pekon dan ketua BHP dari Kecamatan Pringsewu, Gadingrejo dan Pardasuka, Wakil OPD, Sekretaris Kecamatan Pringsewu Marwan, dan Tenaga Ahli P3MD Agustiawan.

Acara dibuka oleh Ivan Kurniawan, Sekretaris DMPM Kabupaten Pringsewu mewakili Kepala DMPM setempat Malian Ayub.

Acara mengadirkan narasumber dari Kejaksaan Negeri Pringsewu Lilik Septriani., SH, Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara (PTUN) dan Kapolsek Kota Pringsewu, Kompol  Andik Purnomo Sigit, SIk. MM.

Menurut Ivan,  proses pembangunan di pekon mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan hingga pelaporan pelaksanaan pembangunan, melibatkan semua unsur lembaga di pekon. 

Badan Hippun Pemekonan sesuai tugasnya dalam hal ini dipertegas dengan Permendagri No. 110 tahun 2016 tentang Badan Permusyawaratan Desa sebagai wakil masyarakat, memiliki tugas dan wewenang mengikuti dan mengawal secara partisipatif semua proses tahapan kegiatan yang dilaksanakan pemerintah pekon.

"Termasuk, pengelolaan keuangan pekon yang didanai oleh dana desa ataupun alokasi dana pekon serta dana lain yang sah", jelas ivan.

Sementara itu, Kabid Pembangunan dan Pengembangan pada Dinas PMP Kabupaten Pringsewu Tri Haryono menambahkan  acara pembinaan dan sosialisasi dilaksanakan selama tiga (3) hari. 
Dimana, untuk hari pertama bagi pekon diwilayah Kecamatan Pringsewu, Gadingrejo dan Pardasuka.

Sedangkan pelaksanaan untuk hari kedua yakni pada Rabu (09/05) untuk pekon di Kecamatan Ambarawa,  Pagelaran dan Pagelaran Utara yang dilaksanakan di Balai Pekon Gumukas. 

"Untuk pelaksanaan hari ketiga yakni pada Jumat (11/05) di GSG Sukoharjo untuk pekon di  Kecamatan Sukoharjo,  Banyumas dan Adiluwih," imbuh Tri. (*/Ful)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

  1. recycle insulation 08 Mei 2018, 16:35:11 WIB

    wah yang namanya pembangunan sudah harus pasti laporannya, supaya tahu kemana saja uang yang dipakai. satu contoh jika memang harus membeli batu bata atau pelindung dinding harus pasti berapa pengeluarannya. saran saya sih menggunakan bahan2 yang ramah lingkungan, karena tidak hanya ramah lingkungan pastinya juga rumah.

    Harga kabel duct 14 Mei 2018, 17:27:32 WIB

    semoga saja dana yang mengalir lancar dan mengalir ketempat semestinya. karena jika tidak ada penggelapan, setiap pembangunan pasti akan berjalan lancar. bahkan leih dari itu, properti lainnya yang mendukung seperti akses jalan, air, bahkan listrik juga pasti lebih memadai.

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung Kesukaan Anda?
  1. M. Ridho Ficardo Bachtiar Basri
  2. Herman HN Sutono
  3. Arinal Djunaidi Chusnunia Chalim
  4. Mustafa Ahmad Jajuli

Komentar Terakhir

  • Sewa Mobil Surabaya

    Tulisannya sangat menginspirasi kami di pagi yang cerah ini ...

    View Article
  • Canon EOS 5DS

    Salaj satu dari desa yang dikunjunginya yakni Desa Sungai Cambai ...

    View Article
  • Arsitek Indonesia

    pnerapan bambu buat ruangan kayanya menarik, apa lagi kalau di taruh di mal mal ...

    View Article
  • Black Seed Oil

    It proved to be Very helpful to me and I am sure to all the commentators here! ...

    View Article