Lestarikan Musik Bambu Melalui Ajang festival
komunitas Bambu Pring Laras Pringsewu gelar festival seni bambu

By Cahya Media 29 Apr 2017 Dibaca: 377KaliEko-Wisata

Lestarikan Musik Bambu Melalui Ajang festival

Keterangan Gambar : Komunitas Bambu Pring Laras Pringsewu gelar festival seni bambu


PRINGSEWU, CAHYAMEDIA.CO.ID – Sebagai bentuk kontribusi dalam melestarikan musik bambu, komunitas Bambu Pring Laras Pringsewu gelar festival seni bambu. Acara digelar di Pendopo Pingsewu, Sabtu (26/11).

Festival musik bambu dibuka oleh Ateng Sutendi, Kabid Kebudayan pada Dinas Pendidikan, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pringsewu. Seluruh peserta yang terlibat dalam acara tersebut mengakomodir sekolah-sekolah binaan sanggara pringlaras serta beberapa kelompok musik bambu yang ada di kabupaten pringsewu, ada juga kolompok musik bambu asal kabupaten pesawaran yang turut berpartisipasi memeriahkan acara.

Pembina Sanggar Bambu Pringlaras Pringsewu, Rizal Bahrul Mustofa menjelaskan beranggkat dari keinginanya untuk memasyarakatkan musik bambu di tengah-tengah masyarakat. “Kepedulian dan kecintaan kami terhadap musik bambu ini yang akhirnya memunculkan gagasan gelaran festival musik dengan tajuk "Apresiasi Seribu Bambu,” ungkap Rizal.

Selain itu lanjut Rizal, acara juga dimaksudkan untuk menampilkan beberapa sekolah atau kelompok musik binaan sanggar pringlaras tampil dalam satu pementasan bersama dengan kelompok musik bambu lain. “Selain kami aktif dalam bermusik khususnya musik bambu, serta berkarya di sanggar ini, kami juga ingin menunjukkan beberapa kelompok musik hasil binaan kami,” ujarnya.

Rizal berharap dari acara yang diselenggarakan, Sanggar Pringlaras  mampu menumbuhkan kecintaan masayarakat khususnya anak muda di pringsewu terhadap musik bambu yang memang belakangan mulai dikembangkan. “Kedepan, acara festival bambu seperti ini insaya allah, akan kami selenggarakan di setiap tahunnya," katanya.

Beberapa stand kerajinan berbasis bambu hasil kelompok pengrajin juga dibuka untuk memeriahkan acara. Ini  juga sebagai bentuk pengenalan serta pemasaran hasil produk beebrapa kelompok produk pengrajin di kabupaten pringsewu," imbaunya.

Zuhri salah satu pengelola stand pengrajin dari kelompok karang taruna Damar Panuluh Pekon Wargo Mulyo mengungkapkan diselenggarakannya acara Festival Apresiasi Bambu Seribu ini sedikit banyak ikut membantu membuka peluang pemasaran bagi produk berbasis bambu yang dikembangkan pengrajin. “Terima kasih saya ucapkan kepada pihak penyelenggara acara, sebab dengan kegiatan ini produk kerajinan yang kami produksi dapat dikenal masyarakat. Harapan kedepan, dapat lebih banyak lagi peminatnya sehingga usaha kami bisa lebih berkembang," ujarnya.

Adapun misi yang diusung Sanggar Pringlaras dalam berkontribusi kemasyarakat seni musik bambu diantaranya, terlestarainya musik entik bambu, terwujudnya generasi muda yang mencintai musik bambu, menjadikan musik bambu menjadi icon daerah Kabupaten Pringsewu. (iqba)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Walikota dan Wakil Walikota Padang Favorit Anda?
  Mahyeldi Ansyarullah - Emzalmi
  Robby Prihandaya - Dewi Safitri
  Tommy Utama - Laura Hikmah
  Willy Fernando - Vicky Armita
  Laura Himah i Nisaa - Safaruddin

Komentar Terakhir

  • Jasa Bangun Rumah

    Infonya sangat berguna bagi kami, Thank you. https://jasaseo.website | ...

    View Article
  • Cruise Cushion

    Coba saja buat wisata perjalanan dari jakarta ke lampung dengan menggunakan kapal laut ...

    View Article
  • Kontraktor Bangunan

    semoga aja nanti pas eksekusi menjadi bagus hasilnya, tetapi bagus atau enggaknya ...

    View Article
  • Pesan Nasi Kotak

    Loh, ini gimana sih..? Judul dan gambarnya sih tentang nasi kotak,, tapi kok isi ...

    View Article