DPRD Pringsewu Paripurnakan Ranperda RPIK dan Perubahan Perda No 16 Tahun 2016

By Cahya Media 13 Jan 2020 Dibaca: 32KaliPringsewu

DPRD Pringsewu Paripurnakan Ranperda RPIK dan Perubahan Perda No 16 Tahun 2016

Keterangan Gambar : DPRD Kabupaten Pringsewu Paripurnakan usulan Ranperda RPIK dan Perubahan Perda No 16 Tahun 2016


PRINGSEWU - Usai mendengar pandangan umum fraksi-fraksi, DPRD Kabupaten Pringsewu akhirnya paripurnakan usulan perubahan Perda No.16 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan Ranperda tentang Rencana Pembangunan Industri Kabupaten (RPIK) Pringsewu.

Rapat paripurna dengan agenda penyampaian penjelasan atas dua (2) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kabupaten Pringsewu oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pringsewu dan pemandangan umum fraksi-fraksi ini, digelar di Gedung DPRD Pringsewu, Senin (13/01/20). 

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Pringsewu Suherman didampingi Wakil Ketua I Hj.Mastuah dan dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Pringsewu, H. Sujadi dan Dr.H.Fauzi, M.Kom., Akt.,serta jajaran di lingkungan Pemkab Pringsewu. 

Dalam sambutannya, H.Sujadi  mengatakan perubahan Perda No.16 Tahun 2016 merupakan pelaksanaan ketentuan Permendagri No.11 Tahun 2019 tentang Perangkat Daerah yang melaksanakan urusan pemerintahan di bidang kesatuan bangsa dan politik, serta Kepmendagri No.100-441 Tahun 2019 tentang Nomenklatur Perangkat Daerah yang melaksanakan tata pemerintahan di bidang Kesbangpol. 

Menurut Sujadi, selain perubahan teknis perangkat daerah yang melaksanakan urusan pemerintahan di bidang kesbangpol, juga perlu adanya penyesuaian tipe OPD sesuai hasil pemetaan OPD oleh Kemendagri sesuai PP No.18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah dan ini merupakan tindak lanjut dari Permendagri No.99 Tahun 2018 dan Permen PAN-RB No.20 Tahun 2018 Tentang Pedoman Evaluasi Kelembagaan Instansi Pemerintah. 

"Dengan begitu, perlu dibuat payung hukum yang jelas, agar tidak terjadi permasalahan dalam pelaksanaannya di kemudian hari," ucap Sujadi.

Sujadi mengemukakan, penyesuaian tipe yang perlu dilakukan terdiri dari ; Dinas Sosial (A), Dinas P3AP2KB (A), Dinas Ketahanan Pangan (A), Dinas Lingkungan Hidup (B), Disdukcapil (A), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (B), Dinas Kominfo (A), Dinas Koperindag (A), Dinas PM-PTSP (B), Dinas Porapar (A), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (B), BKPSDM (B), dan Bapenda (A).

"Saya juga menyambut baik usulan RPIK ini. Sebab, bila dilihat dari sudut pandang potensi daerah, Pringsewu memiliki alasan kuat untuk membentuk peraturan daerah yang mengatur sektor industri ini," terang Sujadi. 

Untuk menuju kesempurnaan sebut Sujadi, perlu diakomodir mengenai inventarisasi permasalahan faktual yang terjadi dan perlu diselesaikan. 

Kemudian adanya perintah delegasi dari Pasal 10 dan 11 UU No.3 Tahun 2014 tentang Perindustrian, yang menyatakan setiap gubernur dan bupati atau walikota menyusun Rencana Pembangunan Industri Provinsi atau Kabupaten/Kota. 

Berdasarkan kajian yang kami lakukan lanjut Sujadi, seluruh pengaturan yang tertuang di UU tersebut, telah diatur lebih lanjut dengan cukup lengkap dan detail dalam aturan perundang-undangan yang lebih rendah dari level PP hingga Peraturan Menteri. 

"Dengan lengkapnya aturan perundangan-undangan tersebut, menjadikan daerah perlu mengatur hal-hal yang khusus sesuai kebutuhan. Dengan begitu, Perda yang dibentuk nantinya akan menjadi acuan dalam penyelenggaraan perindustrian di Kabupaten Pringsewu," katanya. (*/rls) 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat


  1. M. Ridho Ficardo Bachtiar Basri
  2. Herman HN Sutono
  3. Arinal Djunaidi Chusnunia Chalim

Komentar Terakhir

  • fitness supplements

    The best supplements for bodybuilding and fitness. The best vitamins and supplements ...

    View Article
  • Alyssa Edwards

    Your style is really unique in comparison to other folks I have read stuff from. ...

    View Article
  • Beverly Hill

    I am really delighted to glance at this weblog posts which consists of lots of ...

    View Article
  • Makayla Price

    Awesome write-up. I am a normal visitor of your website and appreciate you taking ...

    View Article