Anna Morinda Tanamkan Cinta Tanah Air Melalui Bela Negara

By Cahya Media 09 Feb 2018 Dibaca: 106KaliMetro

Anna Morinda Tanamkan Cinta Tanah Air Melalui Bela Negara

Keterangan Gambar :


METRO, CAHYAMEDIA.CO.ID - Guna menanamkan jiwa cinta tanah air terhadap bibit penerus bangsa, Ketua DPRD Kota Metro Anna Morinda mengenalkan Pendidikan bela negara Dan kebangsaan kepada anak anak pelajar di bumi sai wawai.  

Diawali dari yang terendah, dengan mendatangi TK Tumakninah Yasin Kota Metro, senin (5/2/). Ia akan menerapkan ide Kementerian Pertahanan (Kemenhan) yang menyatakan program bela negara dimulai dari jenjang PAUD atau Taman Kanak-Kanak (TK).

"Bela negara dimulai sejak usia di PAUD atau TK adalah sangat tepat karena merupakan penanaman bela negara sejak dini," paparnya. 

Lebih lanjut bela negara dikenalkan sejak usia PAUD atau TK adalah baik. Materinya apapun tidak menjadi masalah tetapi sebagai pengenalan dan disesuaikan dengan usia PAUD atau TK. "Hal yang perlu diluruskan adalah bela negara, jangan dipahami atau dimengerti sebagai wajib militer,” ujar Anna.

Bela negara bagi anak usia PAUD atau TK, intinya tidak memberatkan, menekan dan tidak memaksa, tetapi dipahamkan secara sederhana apapun materinya. “Dan di PAUD atau TK itu bukan pendidikan tetapi stimulasi pendidikan,” katanya.

Stimulasi pendidikan yang dimaksud, menurut Ana morinda, anak PAUD atau TK belum wajib belajar tetapi baru taraf mengenalkan dan suka belajar. Taraf merangsang anak agar siap untuk belajar. Masa PAUD atau TK adalah kamatangan ilogenetik, dimana matang karena usia. Seperti berjalan, berlari, bermain dan sebagainya.

Konkret bela negara bagi usia anak-anak PAUD atau TK, menurut Ana, seperti anak diajak peduli dengan lingkungannya, disitu guru mengungkapkan bahwa Indonesia adalah negara yang luas, terdiri dari laut dan banyak pulau. Contoh lain mengenalkan lambang Negara Garuda Pancasila.

“Model pengenalan itu merupakan proses yang secara tidak langsung tertanam dalam benak atau pikiran anak. Itulah salah satu contoh penanaman program Bela Negara pada usia PAUD atau TK, hal ini sejalan dengan visi dan misi Kota Metro yang juga sebagai Kota Pendidikan," pungkasnya. (her/win)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung Kesukaan Anda?
  1. M. Ridho Ficardo Bachtiar Basri
  2. Herman HN Sutono
  3. Arinal Djunaidi Chusnunia Chalim
  4. Mustafa Ahmad Jajuli

Komentar Terakhir

  • Sewa Mobil Surabaya

    Tulisannya sangat menginspirasi kami di pagi yang cerah ini ...

    View Article
  • Canon EOS 5DS

    Salaj satu dari desa yang dikunjunginya yakni Desa Sungai Cambai ...

    View Article
  • Arsitek Indonesia

    pnerapan bambu buat ruangan kayanya menarik, apa lagi kalau di taruh di mal mal ...

    View Article
  • Black Seed Oil

    It proved to be Very helpful to me and I am sure to all the commentators here! ...

    View Article