ALIH-ALIH LOBA PEKON, DIDUGA UANG PEMBINAAN DISUNAT

By Cahya Media 24 Jan 2018 Dibaca: 150KaliPringsewu

ALIH-ALIH LOBA PEKON, DIDUGA UANG PEMBINAAN DISUNAT

Keterangan Gambar : "Foto : Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Pekon"


PRINGSEWU,cahyamedia.co.id,-Kegiatan lomba pekon merupakan kegiatan yang dilaksanakan pada Dinas pemberdayaan masyarakat dan pemerintah pekon (DPMPP) Kabupaten Pringsewu, kegiatan lomba pekon (desa) berdasarkan peraturan menteri dalam negeri nomor 13 tahun 2007 penyelenggaraan perlombaan pekon (desa) kegiatan yang dimaksudkan untuk mendukung pemberdayaan masyarakat desa/pekon melalui penguatan kelembagaan untuk memotivasi dan swadaya gotong royong masyarakat.
 
Kegiatan lomba desa juga merupakan salah satu penilaian keberhasilan pembangunan maka perlombaan dibina secara terarah terpadu dan berkelanjutan, dengan melihat indikator penilaian mulai dari pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, dll.
 
Dalam penyelenggaraan lomba desa diduga ada penyelewengan oleh oknum dinas pemberdayaan masyarakat dan pemerintah pekon (DPMPP), dugaan tersebut menguat dari keterangan kepala dinas setempat. Pasalnya, penjelasan yang diberikan kepala dinas berbeda-beda, pertama sebelum kegiatan lomba terlaksana DPMPP memberikan bantaun setimulan untuk bulan bakti gotong royong sebesar 14 juta berupa uang yang ditransfer ke rekening pekon, tetapi di sisi lain dirinya menjelaskan berupa matrial dan pelaksaan kegiatanpun berbeda.
 
"Untuk kegiatan bulan bakti gotong royong dilaksanakan berbeda hari, tapi bisa juga dilaksanakan berbarengan dengan lomba Pekon, bantu yang diberikan disesuaikan dengan kebutuhan Pekon penyelenggara kegiatan,"Kata Malian Ayub kepala DPMPP. Rabu, (24/1/2018).
 
Malian Ayub juga lebih lanjut menjelaskan kepada cahymedia.co.id, Terkait uang pembinaan bulan bakti gotong royong nilai yang diberikan di tiga Pekon Pariatif, setiap pekon diberikan bantuan setimulan sebesar Rp 10 juta, 12 juta dan paling besar 14 juta.
 
"Bantuan tersebut berbentuk matrial bukan berbentuk uang, tapi material yang dikirimkan sejumlah uang yang sudah dianggarkan dari kami, dan tidak mengurangi jumlah bantuan yang diberikan,"Ujarnya
 
Saat ditanyakan terkait adanya dugaan penyelewengan dari jumlah matrial yang dikirimkan tidak sesuai dengan anggaran Malian Ayub menjawab.
 
"Semua sudah direalisasikan dan sudah berjalan, jadi tidak ada penyelewengan anggaran,"kilahnya
 
Selain itu juga cahyamedia.co.id menanyakan uang pembinaan juara satu lomba pekon, Malian Ayub mengatakan.
 
"Untuk juara satu uang pembinaan sebesar Rp 30 juta, dan untuk tahun 2018 ini saya mengajukan sebesar 50 juta untuk pemenang loba desa tingkat kabupaten, yang nantinya untuk mewakili ketingkat provinsi,"Imbuhnya
 
Dugaan penyelewengan bantaun uang setimulan ini menguat, saat wartawan media ini melakukan investigasi dibeberapa pekon yang mengikuti lomba pekon dan kegiatan bulan bakti gotong royong.
 
Terpisah, Rasmin Kepala Pekon podosari kecamatan Pringsewu saat dikonfirmasi mengatakan, kegiatan bulan bakti gotong royong berbarengan dengan kegiatan lomba Pekon.
 
"Kegiatan bulan bakti gotong royong dilaksanakan berbarengan dengan lomba Pekon, jadi tidak ada yang terpisah, kegiatannya dijadikan satu,"Terangnya
 
Senada dengan Rasmin, salah satu kepala pekon yang enggan disebutkan namanya menjelaskan kepada cahyamedia.co.id. Selain tidak sesuainya batuan matrial yang diterima oleh pekonnya, meskipun pekon/desanya hanya juara buncit tapi cukup disayangkan terkait uang pembinaan yang diberikan tidak sesuai dengan yang diterima.
 
"Misalkan sriwungu juara satu, mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 60 juta, tapi, uang yang didapat tidak genap Rp 60 juta,"ungkapnya (DN)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Online Support (Chat)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung Kesukaan Anda?
  1. M. Ridho Ficardo Bachtiar Basri
  2. Herman HN Sutono
  3. Arinal Djunaidi Chusnunia Chalim
  4. Mustafa Ahmad Jajuli

Komentar Terakhir

  • Sewa Mobil Surabaya

    Tulisannya sangat menginspirasi kami di pagi yang cerah ini ...

    View Article
  • Canon EOS 5DS

    Salaj satu dari desa yang dikunjunginya yakni Desa Sungai Cambai ...

    View Article
  • Arsitek Indonesia

    pnerapan bambu buat ruangan kayanya menarik, apa lagi kalau di taruh di mal mal ...

    View Article
  • Black Seed Oil

    It proved to be Very helpful to me and I am sure to all the commentators here! ...

    View Article